Macam-macam model kebaya

Macam-macam model kebaya

Macam-macam model kebaya

Macam-macam model kebaya - Kebaya menjadi pakaian andalan di Indonesia. Pada jaman dahulu, kebaya hanya di gunakan oleh beberapa wanita dan acara-acara tertentu saja. Tapi sekarang kebaya banyak digunakan pada acara dan kegiatan.

Dengan kata lain, pada acara tertentu menggunakan kebaya menjadi suatu kewajiban. Agar tampilan Anda terlihat cantik klasik atau modern, ada beberapa tips dalam mengenakan kebaya. Yaitu perpaduan kebaya yang dipadu dengan kain wiron, sarung bertumpal, atau dengan kain songket.

Dibawah ini akan di berikan beberapa gambar dan foto model kebaya yang dapat anda jadikan referensi untuk pemilihan kebaya yang sesuai dengan anda.

Contoh model kebaya disertai dengan tips memakainya

Kebaya Tunik


Ini adalah kebaya modifikasi, biasanya berkerah China atau V dan beraksen bordir atau manik-manik. Kebaya tunik bisa digunakan dalam dua gaya, gaya formal dan non formal. Untuk gaya formal, gunakan sarung bertumpal dan padankan dengan selop dan tas kepit/jinjing. Sedangkan untuk gaya non formal, dapat menggunakan celana panjang pipa atau jins. Pelengkapnya sepatu terbuka, tas jinjing, dan tidak perlu disanggul.

Kebaya Pendek atau Kutubaru

Ini adalah kebaya dengan tambahan panel di bagian depan, yang menghubungkan sisi kanan dan sisi kiri kebaya. Padankan kebaya ini dengan kain batik yang bagian depannya diwiron. Kenakan selendang di bagian kiri yang disesuaikan dengan warna kebayanya. Bagian tangan sebelah kanan bebas untuk bersalaman atau menggandeng pasangan. Pelengkapnya; selop terbuka/tertutup dan tas kecil. Pemakaian longtorso  bisa senada dengan warna kebaya atau ditutup dengan angkin (biasanya motif jumputan). Kenakan sanggul Jawa klasik/sunggar.

Kebaya model panjang

Kebaya ini biasanya sepanjang lutut dan memiliki lengan panjang dan lebar. Kebaya ini bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dari Betawi, Jawa, Sunda hingga Madura. Sebaiknya kebaya ini dipadu dengan kain sarung bertumpal atau tidak. Pelengkapnya; selop teplek dan tas gantung. Memakai sanggul modern.

Kebaya model Kartini

Kebaya Kartini memiliki kekhasan pada kerah yang dilipat keluar. Kerah ini memanjang dari leher hingga ujung baju. Apabila kebayanya polos, padukan dengan yang diwiron. Beri aksen bros agar terlihat lebih klasik lagi. Apabila kebayanya memiliki aksen bordir dan payet, maka padankan dengan sarung batik bertumpal dan boleh memakai selendang atau boleh tidak. Pelengkapnya selop terbuka/tertutup dan tas kecil. Beri aksen bros logam untuk si polos. Kenakan sanggul Jawa klasik bersunggar atau sanggul modern.

Kebaya Encim atau Kebaya China

Ini adalah kebaya yang digunakan wanita keturunan China di Indonesia pada akhir abad ke 19. Biasanya memiliki beragam warna, dengan bagian depan lancip dan tepinya dihiasi bordir warna-warni. Kebaya encim biasa dipadankan dengan sarung batik pesisisir yang populer dengan motif dan warna-warna cerah, yang merupakan padanan baku dari kebaya-kebaya China peranakan.

Pencarian " Macam-macam model kebaya "

kebaya dian pelangi, rambut segi, cara memakai kerudung segi empat untuk kebaya, kebaya hamil, kebaya muslim dian pelangi, model kebaya kartini, model kebaya hamil, model kebaya berhijab, model kebaya brokat, kebaya muslim remaja, model baju songket, cara memakai jilbab segi empat untuk kebaya, kebaya berhijab, kebaya kartini modern, model kebaya ibu hamil, model kebaya untuk ibu hamil, macam macam kebaya, kebaya ibu hamil, kebaya untuk ibu hamil, macam macam hijab, model kebaya hijab, model dress brokat, model baju brokat, hijab untuk kebaya, model kain songket